kata Bijak

“Sesungguhnya puncak keteguhan adalah tawadhu’.” Salah seorang bertanya kepada Imam, “Apakah tanda-tanda tawadhu’ itu?” Beliau menjawab, “Hendaknya kau senang pada majlis yang tidak memuliakanmu, memberi salam kepada orang yang kau jumpai, dan meninggalkan perdebatan sekalipun engkau di atas kebenaran.” . “Tiga perkara dapat mengeruhkan kehidupan: penguasa zalim, tetangga yang buruk, dan perempuan pencarut. Dan tiga perkara yang tidak akan damai dunia ini tanpanya, yaitu keamanan, keadilan, dan kemakmuran.” “Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya”. Read More At: http://cheaterserbabisa.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-teks-berjalan-di-blog.html#ixzz1wpfxTtbo

Selamat Datang

Ahlan Wa Sahlan..

Situs2 Islam

www.harunyahya.com www.endoftimes.net www.secretbeyondmatter.com www.islamdenouncesantisemitism.com www.islamdenouncesterrorism.com www.evolutiondocumentary.com www.evolutiondeceit.com www.srf-tr.org www.bookglobal.net www.keajaibanalquran.com www.creationofuniverse.com www.bangsamusnah.com www.yesusakankembali.com www.darwinismrefuted.com www.unionoffaiths.com www.freebookcenter.net www.darwinism-watch.com www.signsofthelastday.com www.islamandbuddhism.com www.truthsforkids.com www.for-children.com www.eastturkestan.net www.islamandkarma.com www.eramuslim.com www.dakwatuna.com www.islamedia.com Menjadi Muslimah Sejati Arsip Artikel-Artikel Umat Islam Ibrahimovic Journal Wisata Hati Blogs Hanan’s Blog أهل السنة ظاهرون إلى يوم القيامة Ngaji Salaf :: أهل السنة ظاهرون إلى يوم القيامة Segarkan Hati !!!! Cintailah Arsip Moslem Arsip Moslem ..:: Menuju Era Dakwah Tanpa Batas ::.. Aldakwah.org :: Mitra Dakwah dan Pendidikan Media Islam - Situs dari dan Untuk Umat Islam :) Komunitas Tarbiyah London http://www.pks-anz.org/ Komite Tarbiyah Umat Islam Indonesia Jihad Kaum Muslimin di Bumi Palestina & Sekitarnya Wanita Islam Di Dalam Perjalanan Media Muslim Community Forum islammuda.com forumislam.tk The Spirit of Muslim :: MuslimSources.com My Alazka.com: Komunitas Gaul Muslim Alazka Muslimah Sejati, Jadilah Muslimah Kaffah!!! Aqidah Islam WebBlogs DKM ‘ibaadurrahmaan Fakultas Kehutanan IPB Syariah Online Al-Ikhwan.net Kisah Seputar Umat Islam pk-sejahtera.org :: KAMMI Jepang Madah Tarbiyah Kaderisasi Umat Menuju Keadilan Sejahtera Moslem Community WebBlogs Sejarah | Berita | Siroh & Kisah | KisahIslam.COM - Serambi Depan Info Palestina ::: Save Palestina From Laknatulloh Yahudi Islamic Space Online Tarbiyah.com Media Muslim INFO, Situs Islam Terdepan Terpercaya MyQuran.Org :: PKPU Online Ahlan wa sahlan fi ukhuwah.or.id Eramuslim: Situs Warta Muslim Read More At: http://cheaterserbabisa.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-teks-berjalan-di-blog.html#ixzz1wpfxTtbo

Kekayaan Batin Adalah Hal Yang Paling Utama



Barang siapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada
jalan yang lurus. (Q.S. Ali ‘Imran : 101)

          Setiap mukmin pasti merasakan ujian hidup di dunia ini. Kesulitan hidup dan ragam musibah yang membelit kehidupan akan menjadi penebus dosa-dosa mereka sehingga  derajat mereka akan diangkat di sisi Allah. Oleh karena itu, masalah kehidupan harus disikapi dengan sabar dan tawakal serta diiringi dengan nilai-nilai keimanan diri.

          Rabi’ bin Khatsim menegaskan, “Sesungguhnya, Allah Swt. telah memaklumatkan bahwa barang siapa yang bertawakal kepada-Nya akan dicukupi. Barang siapa yang beriman kepada-Nya akan diberi petunjuk. Barang siapa yang bersandar kepada-Nya akan ditolong. Barang siapa yang menitipkan kepada-Nya akan dikembalikan. Barang siapa yang yakin dan percaya kepada-Nya akan diselamatkan. Barang siapa yang bertaubat kepada-Nya akan diampuni. Barang siapa yang berdoa kepada-Nya akan dikabulkan.”

          Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. (Q.S At Taghabun, 64 : 11)

          Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. (Q.S At Thalaq, 65 :3)

          Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan (pembalsannya) kepadamu. (Q.S At Taghabun, 64 : 17)


          Barang siapa yang perpegang teguh  kepada (agama) Allah maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (Q.S Ali Imran, 3 : 101)

          Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa bapabila ia memohon kepada-Ku. (Q.S Al Baqarah, 2 : 186)

          Rasulullah saw., para sahabat, dan para tabi’in telah memberi teladan perilaku zuhud (menjaga jarak hati dari cinta dunia). Abu Hazim menjelaskan, “Zuhud bukan berarti anti dunia atau mengharamkan sesuatu yang halal. Zuhud yang benar tidak harus dicerminkan dengan kehidupan gembel, kumuh, dan dekil. Zuhud dapat diwujudkan dengan kecerdasasn mengolola harta supaya kita tidak silau dan tidak terkuasai harta. Orang yang zuhud bisa jadi seorang miliader dan manusia-manusia berpenghidupan mapan. Demikian halnya, tidak selayaknya manusia miskin, kumuh, dan dekil berhak mengklaim sebagai zahid (pelaksana zuhud).

          Imam Ahmad menegaskan, “Seorang yang zuhud pasti menikmati hati yang qonaah, namun bukan berarti yang menghindari atau bahkan anti dunia. Manusia zuhud adalah insan yang telah menaklukkan dunia dan membebaskan dirinya dari pasung-pasung materi.

          Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengahramkan) rezeki yang baik? (Q.S Al A’raf, 7 : 32)
          Makan dan minumlah dan janganlah berlebihan-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Q.S Al A’raf, 7 : 31)
          Kenikmatan dunia yang buruk merupakan kenikmatan yang melalaikan diri kepada Allah Swt. dan membuat  berani membangkang perintah-Nya. Sementara itu, kenikmatan dunia yang tidak membuat lalai atau lupa kehidupan akhirat diperbolehkan, lebih-lebih jika kenikmatan dunia tersebut dijadikan penghubung untuk menggapai kebahgiaan abadi ukhrawi. Seperti itulah seharusnya kita mengola harta.

          Oleh Karena itu, jangan heran jika dalam hidup ini banyak orang yang berlimpah harta, namun hati dan pikiranya selalu focus kepada Allah Swt. Sebaliknya, tidak sedikit manusia melarat yang hati dan pikirnya lupa kepada Allah swt.
          Kekayaan dan kemiskinan bukan suatu alasan untuk melalaikan Allah Swt. Pada hakikatnya, kaya atau miskin terletak dalam jiwa, bukan pada harta ataupun pada kondisi kemiskinan. Allah Swt. menjajikan bahwa semua kebaikan berbuah pahala dan merupakan pundi-pundi yang dapat dijadikan bekal  kehidupan akhirat. Sebaliknya, sebesar apapun kebaikan yang dilakukan para kafir dan para hipokrit di dunia ini tidak memiliki daya guna sedikitpun bagi mereka di kehidupan akhirat kelak. Kenikmatan yang diperoleh, kemudian dibelanjakan di jalan Allah, akan menjadi investasi akhirat. Sementara itu, kenikmatan yang diperoleh para kafir dan munafik tidak berubah apa-apa di akhirat kelak.
          Para kafir dan para hipokrit , bekerja memeras keringat dan otak sepanjang siang dan malam. Akan tetapi,  muara hidup mereka hanaya kepada kenikmatan duniawi yang semu dan menipu. Kelak, tempat kembalinya adalh neraka. Itulah seburuk-buruknya tempat kembali.
          Sementara itu, kerja keras orang mukmin akan berbuah pahala. Hal tersebut tidak saja membuat hidup bahagia di dunia, tetapi juga kebahagiaan di akhirat. Kelak, tempat kembalinya adalah surga.
          Sikap zuhud dan qanaah dalam hidup ini bukan alas an bagi manusia untuk tidak produktif dalam menjalani kehidupan ini. Kesejatian kita tetap berusaha dan bekerja untuk meraih rezeki yang telah ditetapkan Allah. Oleh karena itu, niatkan usaha dan kerja untuk beribadah. Dengan begitu, kita tidak saja mendapat imbalan harta dunia, tetapi juga surge Allah Swt. Sungguh besar nikmat Islam yang ada dam diri seorang Muslim. Nilai-nilai Islam telah membuat kita sadar bahwa dunia dan isinya hanyalah sandiwara, sedangkan tujuan hidup sesungguhnya adalah akhirat.
          Oleh karena itu, berbuat dan bekerjalah sungguh-sungguh karena allah Swt. Tumbuhkanlah etos kerja lahir batin. Sinergikanlah antara usaha dan doa, antara kerja dan tawakal, agar menjadi manusia yang sukses duania dan akhirat. Dalam hisup ini, banyak orang yang tidak seimbang dalam menajlani hidupnya. Ada yang sangat focus terhadap dunia hingga akhiratnya terlupakan. Ada yang sangat focus terhadap akhirat hingga kewajiban duniawinya terabaikan.
Kerja lahir batin membuat kita berdaya secara materi di dunia dan mulia di hadapan Allah Swt. kelak jika kita kembali ke haribaan-Nya. Itulah carahidup yang diajarkan Islam. Oleh karena itu, berbuatlah sesuatu denagn suatu keyakinan. Seseorang tidak akan sukses kecuali berkat usaha dan kerja kerasnya. Bertawakallah kepada Allah dengan satu keyakinan. Seseorang tidakakan mengalami sesuatu, kecuali telahtersurat dalam takdir-Nya. Oleh karena itu, sukseska hidup dengan ketaatan Allah. Jauhi semua larangan Allah. Berjuanglah sekuat tenaga untuk mengelola nafsu agar kitatermasuk golongan manusia-manusia yang dapat meraih kebahagiaan dunia danakhirat.

           
         
         

Categories:

    translate

    English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified